PERMINTAAN DAN PENAWARAN - watermark
Headlines News :
Home » » PERMINTAAN DAN PENAWARAN

PERMINTAAN DAN PENAWARAN

Written By thomas edison Pigai on Selasa, 30 Oktober 2012 | 12.09



PERMINTAAN
Permintaan atau yang bahasa inggrisnya Demand adalah jumlah barang/jasa yang diinginkan masyarakat dalam waktu, tempat dan harga tertentu.

Pelaku dari Permintaan itu sendiri adalah Si Pembeli atau Konsumen atau Peminta..
Contoh:
Seorang siswa SMU Terbuka membutuhkan buku tulis, yang berasal dari uang saku yang dikumpulkan. Di toko buku siswa tersebut mengadakan tawar-menawar dan disepakati harga sebuah buku Rp.2.500,00 dengan isi 40 lembar. Sesuai dengan kemampuannya, maka siswa tersebut membeli 4 buah buku tulis. Contoh tersebut di atas adalah contoh permintaan perseorangan. Jika dalam satu sekolah buku tersebut pada harga Rp.2.500,00, jumlah pembeli 100 orang dengan jumlah yang dibeli 500 buah, merupakan contoh permintaan pasar.

http://1.bp.blogspot.com/_y8OSr_ZoNIc/TAdLl4AcbjI/AAAAAAAAAIU/iKZdIN7juGs/s320/hal10.jpg



gambar diatas menggambarkan terjadinya permintaan dan penawaran...
hehe.. iya aku tau.. gambarnya gk sama, sama apa yg dicontohkan.. ya... tapi serupa-laaah ya... hehe.. oke deh lanjut !!! he..


HUKUM PERMINTAAN

Hukum permintaan tidak berlaku mutlak, tetapi bersifat tidak mutlak dan dalam keadaan cateris paribus (faktor-faktor lain dianggap tetap). Hukum permintaan “apabila harga mengalami penurunan, maka jumlah permintaan akan naik/bertambah, dan sebaliknya apabila harga mengalami kenaikan, maka jumlah permintaan akan turun/berkurang”. Hukum permintaan berbanding terbalik dengan harga.

untuk lebih jelasnya lihatlah KURVA PERMINTAAN dibawah ini :

http://1.bp.blogspot.com/_y8OSr_ZoNIc/S_u6euqtPuI/AAAAAAAAAGM/SDlHbCpfkqE/s320/kurva-permintaan1.jpg



Contoh:
Jika harga kendaraan turun dari mahal ke murah, jumlah yang membeli semakin banyak dan sebaliknya jika harga kendaraan naik dari murah ke mahal, maka jumlah yang membeli semakin sedikit.

PERGESERAN KURVA PERMINTAAN
Faktor-faktor yang menyebabkan bergesernya kurva permintaan :
1. Perubahan Harga
http://3.bp.blogspot.com/_y8OSr_ZoNIc/S_u7D8Dy4fI/AAAAAAAAAGU/-rEiZi40OUE/s320/eko103_03.jpg
  • kurva D-D bergeser ke D1-D1(bergerak ke kiri), mengartikan bahwa permintaan berkurang. Sedangkan
  • kurva D-D ke D2-D2 (bergerak ke kanan) mengartikan bahwa permintaan bertambah.
2. Perubahan Pendapatan Masyarakat

http://3.bp.blogspot.com/_y8OSr_ZoNIc/S_vFo8hOHQI/AAAAAAAAAGc/HOQUOmRoMb8/s320/eko103_50.jpg

Pendapatan masyarakat akan mengakibatkan perubahan permintaan.
a. Jika pendapatan masyarakat naik, maka jumlah permintaan akan bertambah dan kurva permintaan akan bergeser ke kanan.
b. Jika pendapatan masyarakat turun, maka jumlah permintaan akan berkurang, dan kurva permintaan akan bergeser ke kiri.

FAKTOR-FAKTOR YG MEMPENGARUHI PERMINTAAN

Manusia adalah makhluk sosial yang dinamis, sehingga terjadi perubahan-perubahan yang dapat mempengaruhi kebutuhan hidupnya. Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan adalah:
  1. Harga barang itu sendiri, maksudnya..Naik atau turunnya harga barang/jasa akan mempengaruhi banyak/sedikitnya terhadap jumlah barang yang diminta.
  2. Pendapatan masyarakat, maksudnya..Pendapatan masyarakat mencerminkan daya beli masyarakat. Tinggi/rendahnya pendapatan masyarakat akan mempengaruhi kualitas maupun kuantitas permintaan.
  3. Intensitas kebutuhan, maksudnya.. Mendesak/tidaknya atau penting tidaknya kebutuhan seseorang terhadap barang/ jasa, mempengaruhi jumlah permintaan. Kebutuhan primer, lebih penting dibanding kebutuhan sekunder. Kebutuhan sekunder lebih penting dibanding tertier, sehingga pengaruhnya terhadap jumlah permintaan berbeda.
  4. Distribusi Pendapatan, maksudnya.. Makin merata pendapatan, maka jumlah permintaan semakin meningkat, sebaliknya pendapatan yang hanya diterima/dinikmati oleh kelompok tertentu, maka secara keseluruhan jumlah permintaan akan turun.
  5. Pertambahan penduduk, maksudnya..Jumlah penduduk akan mempengaruhi jumlah permintaan. Makin banyak penduduk, maka jumlah permintaan akan meningkat.
  6. Selera (Taste), maksudnya..Perkembangan mode, pendidikan, lingkungan akan mempengaruhi selera masyarakat, yang akan mempunyai pengaruh terhadap jumlah permintaan.
  7. Barang pengganti (substitusi), maksudnya.. Adanya barang pengganti akan berpengaruh terhadap jumlah permintaan. Pada saat harga barang naik, jika ada barang pengganti maka jumlah permintaan akan dipengaruhinya.
Contoh:

1. Pada saat harga beras naik sangat tinggi, maka masyarakat yang tidak mampu akan beralih membeli jagung sebagai pengganti beras.
2. Pada saat harga buku tulis dengan kertas putih meningkat sangat tinggi, maka masyarakat yang tidak mampu akan beralih membeli buku dengan kertas koran


PENAWARAN

naah... tadi kan udah dijelasin tentang permintaan.. sekarang gantian temennya.. si Penawaran.. kalo permintaan adalah subjeknya si pembeli.. kalo penawaran pelakunya adalah si penjual (supplier) makanya penawaran sering disebut supply.. oleh karena itu pengertian dari Penawaran adalah sejumlah barang dan jasa yang disediakan untuk dijual pada berbagai tingkat harga pada waktu dan tempat tertentu. Jumlahnya penawaran sebagai akibat adanya permintaan dan sebaliknya, sehingga antara penawaran dan permintaan tidak dapat dipisahkan. :D

HUKUM PENAWARAN
  • Apabila harga naik, maka jumlah barang/jasa yang ditawarkan meningkat/bertambah.
  • Jika harga barang/jasa turun, maka jumlah barang/jasa yang ditawarkan berkurang/ turun. Hukum penawaran berbanding lurus dengan harga barang.
Hukum ini juga tidak berlaku mutlak cateris paribus. maksudnya, cateris paribus gak gitu pengaruh seperti di permintaan.. Dengan demikian terjadi perbedaan antara hukum penawaran dengan hukum permintaan.

Permntaan sama penawaran tuh susah untuk dipisahin.. maka jika Permintaan punya Hukum, punya kurva, maka penawaran juga.. berikut saya akan jelaskan semuanya.. insya Allah... hehe..
nih nih dibaca ya....

FAKTOR-FAKTOR YG MEMPENGARUHI JUMLAH YG DITAWARKAN

Seperti permintaan, penawaran juga dipengaruhi oleh faktor lain, yaitu:
  1. Biaya produksi (input) : Tinggi/rendahnya biaya produksi akan mempengaruhi harga jual yang pada akhirnya akan mempengaruhi jumlah yang ditawarkan.
  2. Teknologi : Maju/mundurnya atau canggih tidaknya teknologi akan mempengaruhi jumlah penawaran. Makin canggih teknologi, produktifitas semakin besar, harga menjadi murah, jumlah yang ditawarkan meningkat dan sebaliknya.
  3. Harapan keuntungan : Tingkat keuntungan produsen, besar kecilnya laba akan menentukan harga jual. Keuntungan yang besar akan diperoleh jika harga barang murah, sehingga jumlah penawaran meningkat, yang pada akhirnya akan meningkatkan keuntungan.
  4. Kebutuhan akan uang tunai : Mendesak atau tidaknya kebutuhan uang tunai bagi perusahaan akan berpengaruh kepada harga jual yang akhirnya berpengaruh pada jumlah penawaran barang/jasa.
  5. Harapan harga masa yang akan datang : Bagi produsen yang mampu menahan barang untuk dijual pada saat harga dianggap lebih menguntungkan, produsen akan menahan barang, sehingga mempengaruhi jumlah penawaran
KURVA PENAWARAN
naaah untuk memantapkan atau mayakinkan temen2.. coba deh liat gambar kurva penawarannya... ni ni dibawah ini..

http://2.bp.blogspot.com/_y8OSr_ZoNIc/TAO7gCU8erI/AAAAAAAAAGk/GGJyxUI6HXs/s320/kurva-penawaran.jpg

Kurva penawaran bergerak dari kiri bawah ke kanan atas yang menunjukkan bahwa jika harga barang tinggi, para penjual/produsen akan menjual dalam jumlah yang lebih banyak.

PERGESERAN KURVA PENAWARAN

Kurva penawaran akan mengalami pergeseran, tergantung pada faktor yang mempengaruhinya..

  • Jika harga barang naik, maka jumlah penawaran akan bertambah, sehingga kurva bergeser ke kanan.
  • Jika harga barang turun, maka jumlah penawaran akan berkurang, kurva bergeser ke kiri.
http://2.bp.blogspot.com/_y8OSr_ZoNIc/TAO823ZlSYI/AAAAAAAAAGs/LGHorxPDNrk/s320/kurva-penawarn1+%281%29.jpg

Pergeseran kurva penawaran akibat perubahan harga barang.
  • Pada saat harga Rp.30,00 jumlah unit yang ditawarkan sejumlah 40 unit
  • Pada saat harga naik menjadi Rp.40,00 jumlah barang yang ditawarkan meningkat menjadi 60 unit, kurva bergeser ke kanan.
  • Pada saat harga turun menjadi Rp.20,00 maka jumlah yang ditawarkan berkurang menjadi 25 unit, kurva penawaran bergeser ke kiri.


HARGA KESEIMBANGAN (equilibrium price)

Secara formalnya...
Harga keseimbangan atau harga pasar adalah tinggi rendahnya tingkat harga yang terjadi atas kesepakatan antara produsen/penawaran dengan konsumen atau permintaan. Pada harga keseimbangan produsen/penawaran bersedia melepas barang/jasa, sedangkan permintaan/konsumen bersedia membayar harganya.

Dalam kurva harga keseimbangan terjadi titik temu antara kurva permintaan dan kurva penawaran, yang disebut Equilibrium Price.
ini kurva nya !

http://4.bp.blogspot.com/_y8OSr_ZoNIc/TAPAKHjOoWI/AAAAAAAAAG0/6uksiXFd5QU/s320/d01.jpg

Permintaan/pembeli berusaha untuk mendapatkan barang/jasa yang baik dengan harga yang murah, sedangkan penawaran/penjual berusaha untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Akibat dari tarik-menarik/tawar-menawar antara permintaan dan penawaran, maka akan tercapai titik temu yang disebut keseimbangan harga.

Terbentuknya harga pasar dipengaruhi oleh faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran. Masing-masing faktor dapat menyebabkan bergesernya jumlah permintaan dan jumlah penawaran. Dengan bergesernya permintaan dan penawaran akan mengakibatkan bergesernya tingkat harga keseimbangan.

PERGESERAN TITIK KESEIMBANGAN

Titik keseimbangan (Equilibrium Price) akan mengalami pergeseran akibat dari naik turunnya akibat perubahan penawaran/permintaan.
1.     Pergeseran titik keseimbangan yang disebabkan bertambahnya jumlah permintaan :
http://1.bp.blogspot.com/_y8OSr_ZoNIc/TAPI7M2nbmI/AAAAAAAAAHE/KG3Np8VrJJc/s320/4.JPG

Jika jumlah permintaan bertambah sedangkan jumlah penawaran tetap, maka ada kecenderungan harga akan naik. Misalnya pada harga Rp.20,00 jumlah permintaan 30 unit. Jika jumlah permintaan meningkat 40 unit, maka harga akan naik menjadi Rp.30,00. Perhatikan di grafik: E akan berubah menjadi E1.





2. Pergeseran titik keseimbangan yang disebabkan berkurangnya jumlah permintaan.
    http://1.bp.blogspot.com/_y8OSr_ZoNIc/TAUBS0s-stI/AAAAAAAAAHU/dvW_A2hD9A8/s320/5.JPG
Jika jumlah permintan berkurang sedangkan jumlah penawaran tetap, maka harga akan turun.
Misalnya harga Rp.25,00 jumlah permintaan 45 unit. Apabila jumlah permintaan turun menjadi 30 unit, maka harga akan turun menjadi Rp.15,00.
3. Pergeseran titik keseimbangan yang disebabkan bertambahnya jumlah penawaran.

http://2.bp.blogspot.com/_y8OSr_ZoNIc/TAPPpZyHrRI/AAAAAAAAAHM/XuW5Q1EgPHQ/s320/images.jpg

Jika jumlah penawaran bertambah sedangkan jumlah permintaan tetap, maka harga akan turun.
Misalnya pada harga Rp.40,00 jumlah penawaran 40 unit. Jika jumlah penawaran bertambah menjadi 50 unit, maka harga akan turun menjadi Rp.30,00.
4. Pergeseran titik keseimbangan yang disebabkan berkurangnya jumlah penawaran.
Jika jumlah penawaran berkurang, sedangkan jumlah permintaan tetap, maka harga akan naik.
Misalnya pada harga Rp.25,00 jumlah penawaran 45 unit. Jika jumlah penawaran berkurang menjadi 35 unit, maka harga akan naik menjadi Rp.35,00.

naaah.. begitulah ilmu sekitar permintaan dan penawaran.. ribet gkkk?? mudah2an gak ya.. kan udah sering melakukan.. hehe

ehm Pembaca... mungkin segini aja dulu ya tulisanku tentang ilmu ekonomi...karena jujur aja nih.. sebenernya ini tugas kuliah ku... hehe...

oke deh mungkn segitu aja dulu ya... maaf ya kalo tulisanku juelek... hehe.. maklumm.. masih belajar..mudah2an tulisan ini bermanfaat bagi pembaca semua... mudah2an pembaca gak bosen2 dateng kesini.. dan selalu kasih kritik dan saran yang membangun ya pastinya... :D

































Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Recent Post

Comments

Popular Posts

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. watermark - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template